Mengatasi Penyakit Bubul Pada Ayam Aduan

Penyakit bubul merupakan penyakit yang membikin galau para peternak serta penghobi ayam aduan. Penyakit yang biasanya disebabkan oleh adanya luka lecet yang terlambat diobati pada bagian telapak kaki yang terinfeksi oleh bakteri yang masuk kedalam luka hal yang demikian. Bakteri hal yang demikian dapat berupa kotoran ayam, tanah, serta sisa makanan yang sudah membusuk. Sangkar ayam yang kumal juga bisa menjadi faktor untama yang memicu penyakit hal yang demikian.

Agar ayam dapat terhindar dari penyakit variasi ini, dapat kita cegah dengan memeriksakan kaki ayam sekali dalam satu atau dua bulan. Dalam artikel Mengatasi Penyakit Bubul Pada Ayam Aduan ini, kami akan menerangkan bagaimana caranya mengobati penyakit bubul yang bisa diobati dengan metode sebagai berikut ini.
Menuntaskan Penyakit Bubul Pada Kaki Ayam Aduan

Kalau ayam aduan kesayangan kita baru saja terkena penyakit hal yang demikian dan belum seperti itu parah, maka segeralah mengobati dengan sistem membersihkan dengan metode membasuh kaki ayam dengan air hangat, kalau sudah bersih kaki ayam sebaiknya di berikan plaster seperti hansaplast. Dengan catatan penyakit hal yang demikian belum begitu parah atau belum membuat kaki ayam membengkak.

Jika kaki ayam telah mulai membengkak, maka anda patut mengobatinya dengan bersungguh – sungguh. Dikarenakan penyakit bubul ini akan menjadi penyakit yang benar-benar susah sembuhnya. Jika kita biarkan, penyakit bubul akan menjadi lebih parah sehingga ayam sulit untuk berjalan maka cara mengobatinya ialah dengan membersihkan dahulu kaki ayam bubulan tersebut dengan air hangat, lalu setelah sudah bersih kita dapat membalut kaki dengan kain. Balutan hal yang demikian haruslah tebal dan empuk. Jikalau sudah, anda dapat mengecek kembali kaki ayam sesudah 3 bulan kemudian, karenanya insyaallah bubulan hal yang demikian akan kian mengecil.

Sistem terakhir ialah lewat operasi kecil, sistem ini dapat dilakukan untuk ayam yang berkaki bubulan yang telah parah atau tidak bisa disembuhkan dengan cara yang sudah kami berikan diatas. Cara ini cukup gampang dan bisa kita lakukan sendiri. Berikut metode yang mudah dalam mengoperasi kaki ayam seperti :

Persiapan lebih dahulu alat serta bahan yang kita butuhkan, seperti pisau / cuter, betadine, alkohol, kapas, perban, benang serta jarum.

Irislah / sayat tonjolan bubul menyilang (seperti huruf X) dengan pisau kecil / cuter yang steril, kemudian tekan hingga semua bubul keluar , diupayakan hingga bersih. Sekiranya terdapat dikit darah, bersihkanah dengan kapas yang bersih.

Kemudian oleskan sisa sayatan dengan betadine, lalu bila sisa sayatan cukuplah lebar karena tonjolan bubul lumayan besar jahit luka dengan benang serta jarum hingga luka tutup.

Oleskan kembali luka luar sisa jahitan dengan betadine. Lalu tutup serta ikat dengan perban secara kuat2 supaya tidak lepas waktu ayam bangkok di terlepas.

Biarlah dikala 1 minggu atau sampai luka tertutup, lalu buka perban itu serta berikan kembali dengan betadine selanjutnya ditutup kembali menerapkan perban. Kepada seperti ini dilaksanakan sampai sisa luka tutup serta jadi kering dan pulih.

Pencegahan Supaya Bubul Ayam

Agar ayam tidak lagi mengidap penyakit pada kakinya maka anda bisa melakukan sistem seperti berikut ini :
Menjaga kebersihan kandang ayam aduan.

Mengatasi membersihkan kaki ayam setiap habis dilaga ataupun di adu dalam ajang sabung ayam.

juga artikel kami yang mengenai “ Menyelesaikan Penyakit Bubul Pada Ayam Aduan “ terima kasih sudah membaca tulisan kami, semoga dapat memberikan anda sebuah pengetahuan dalam dunia sabung ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *